Thursday, August 22, 2019

Begini Cara Gempita Ciamis Wujudkan Kemandirian Pupuk


Ciamis, MEDIANUGRAH.COM - Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Peningkatan kapasitas pemuda tani dan Pembuatan pupuk serta Pestisida Smoke Liquid di Desa janggala kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis pada tanggal 27 hingga 30 Agustus 2019. 

Kegiatan ini bekerjasama dengan pemerintah Desa janggala kecamatan cidolog, Penyuluh Pertanian BPP kec Cidolog, dan kelompok Usaha Bersama Gempita Pangangonan.

Kegiatan tersebut akan dihadiri 100 an Pemuda Tani Desa Janggala,yang terdiri dari KUB  gempita pangangonan, poktan Sauyunan, dan karang taruan yogaswara 6.

Menurut ketua panitia kegiatan Ipan (29), “kegiatan ini diselenggarakan agar terwujud kemandirian, sebelum musim tanam tiba kita ingin kawan kawan pemuda tani mampu membuat pupuk dan pestisida sendiri, sehingga tingkat ketergantungan dengan pembelian pupuk dan pestisida bisa dikurangi, ini jelas bisa memangkas biaya pemeliharaan tanaman” tutur  ipan

Ipan melanjutkan, pelatihan ini dilaksanakan di pangangoan selama tiga hari “ lokasi pelaksanaanya di pangangonan ini sebab terletak tanah kas Desa yang di percayakan pengolahannya kepada kelompok usaha bersama (KUB) Gempita Pangangonan sejak 2018.  “jadi ini merupakan lahan perjuangan kami  menuju swasembada dan menekan angka urban pemuda desa. hingga hari ini kita sudah punya hamparan kurang lebih 6 Ha yang sudah siap tanam “ jelasnya

Senada dengan ipan , Dede (52) Pejabat Kepala Desa janggala menjelaskan, kegiatan ini kami dukung sepenuhnya dan sebisanya, sebab kami ingin generasi muda di Desa Janggala menjadi mandiri, mampu mengelola potensi desa yang ada, tentunya  untuk kesejahteraan.

Selain itu, dede juga mengapresiasi Kepada Gerakan Pemuda tani Indonesia (Gempita), karena telah mengajak  para pemuda di wilayahnya menjadi lebih produktif. 

Dede mengungkapkan dirinya terkesan, “Sebab  pergerakan pemuda tani yang tergabung dalam gempita, disini juga sama nama kelompok taninya gempita namun ada nama pangangonannya jadi gempita pangangonanm, "Pola gerakannya sama-sama focus membangunkan lahan tidur di desa kami, mulai dari tanah kas desa yang sudah 20 Tahun tidak di garap, hingga tanah tanah warga yang tertidur".

“makanya kegaitan peningkatan kapasitas dan pelatihan pembuatan pupuk ini, kami dukung semampu kami, baik moral maupun material” Imbuh Dede

BPP Kecamatan  Cidolog, Novi (31) yang aktif mendampingi selama ini menjelaskan , Kelompok Tani Gempita Pangangonan ini memang  fokus pada pembukaan lahan tidur, "musim tanam kemarin mereka mengelolalahan 4 Ha lahan tidur milik Pemerintah desa Janggala dengan ditanami jagung, sukses panen,dan yang luar biasanya mereka murni menggunakan pembiayaan sendiri secara swadaya.

Kelompok usaha bersama  Gempita pangangoann ini menurut SK yang ada di BPP berdiri tahun 2017, dan sekarang sudah masuk simluh, mudah mudahan kami bisa membatu apa yang telah di rencanakan oleh para pemuda tani tersebut , terangnya


post written by:

0 komentar: