Monday, March 11, 2019

Viral, Superhero Bicarakan Jokowi


Bandung, MEDIANUGRAH.COM - Para netizen hebohkan jejaring social lagi melalui perang meme. Di Facebook, beragam postingan terkait Pipres 2019 sudah banyak bermunculan, mulai dari 'hoax receh' hingga anti ‘hoax kocak’.

Kali ini beredar meme super hero hulk dan spiderman, karya Stand Lee,. Meme tersebut dibuat netizen yang di upload di halaman facebook Sahabat Rakyat Indonesia.

Dalam meme tersebut Hulk dan spiderman sedang  berdialog:  

Hulk                       : “jangan gelantungan lagi yah,  kalau kamu jatuh dan terluka Jokowi disalahkan”.

Spiderman              : “kayak PNS yang teriak-teriak karena susah cari duit,
         karena mereka ga bebas korupsi,   Jokowi disalahkan”.


Snapshot yang dikumpulkan dari komentar meme yang di unggah di halam facebook Sahabat Rakyat Indonesi (SRI), tercatat sekitar 1.044.827 pengguna yang terjangkau dan Interaksi potingan 1.469.02. Data ini diambil per tanggal 01 Mareti 2019 hingga pukul 12.00 WIB.


“Gambar satire posting netizen tersebut merupakan counter terkait berita-berita hoax yang kerap memfitnah Jokowi”. Ungkap Koordinator Relawan Sahabat Rakyat Indonesia (SRI) jawa barat
Untuk diketahui Saluran penyebaran hoax paling banyak adalah melalui Facebook yaitu 47,83 persen.

Isu-isu SARA dimainkan secara massif, sebagai teror hoax yang ditujukan ke pihak petahana, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).  Menurut data, dalam rentang Juli - September 2018, terverifikasi 230 kabar hoax di media sosial. Sebanyak 58,7 persen dari hoax tersebut bermuatan politik. Berdasarkan data, teror hoax politik itu paling banyak menyerang Jokowi – Amin, yakni sebanyak  36 hoax.

Dadan muttaqien mengungkapkan, ,  Hal tersebut  dirancang untuk menjatuhkan kredibilitas paslon tersebut dan  delegitimasi penyelenggara Pemilu.  

“Teror hoax sistematis ini sebagai upaya  menutupi fakta keberhasilan  jokowi merebut kembali kekayaan negara dari tangan  kartel  Korporasi Asing dan perusahaan antek Orba.

Dadan  menjelaskan, mayoritas yang memaki, dan menghina jokowi karena terpapar hoax dan fitnah dari loyalis orba dan kekuatan  jaringan perusahaan asing yang terganggu keruk kekayan bangsa Indonesia”

Perjuangan tanpa ragu dan rasa takut untuk kesejahteraan bangsa dilakukan oleh Jokowi, maka ini juga bentuk satir, dimana  pemimpin  dimaki dan dihinakan oleh bangsanya sendiri. Tutur dadan

“sejak awal, Jokowi sudah  mewanti-wanti , merebut kembali kekayaan negara dari asing dan antek Orba bukannya tanpa resiko” pungkas dadan

post written by:

0 komentar: