• Berita Terbaru

    Begini Alasan Amran Sulaiman di Daulat Bapak Santri Nasional

    Tasikmalaya, MEDIANUGRAH.COM - Selama ini pondok pesantren kesulitan mengakses anggaran pemerintah, karena tidak masuk dalam nomenklatur anggaran pengeluaran dan belanja negara, APBN dan APBD, namun Kementerian Pertanian RI mampu mengurai akses tersebut sehingga pesantren ´tidak lagi yatim piatu´ dan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman didaulat sebagai ´Bapak Santri Nasional´ atas komitmennya memberikan bantuan sejuta ekor ayam untuk diternakkan oleh pondok pesantren di seluruh Indonesia.
    Hal itu dikemukakan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Razhanul Ulum kepada Mentan Amran Sulaiman dalam sambutannya di hadapan 15 ribu santri yang hadir di Lapangan Pasar Munding, Desa Kamulyaan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Jumat (26/1). Belasan ribu santri tersebut datang ke Tasikmalaya mewakili pondok-pondok pesantren dari seluruh Indonesia menghadiri peluncuran ´Gerakan Santri Tani Milenial´.
    "Alhamdulillah, kita tidak lagi yatim piatu lagi. Kalau selama ini pesantren sulit mengakses bantuan pemerintah, kini tidak lagi. Kementan di bawah pimpinan Mentan Amran Sulaiman berani membuka akses tersebut. Pak menteri layak kita daulat sebagai bapak santri nasional," kata Wagub UU RU dalam sambutannya yang disambut tempik sorak dari para santri.
    Dia mengapresiasi Mentan Amran Sulaiman yang berani membuat terobosan kebijakan berpihak pada santri, sehingga akses pesantren mendapat bantuan pendidikan dan pelatihan pertanian akan lebih mudah, salah satu langkah konkrit adalah alokasi sejuta ayam untuk diternakkan di pesantren.
    "Pesantren dan pertanian saling melengkapi, baik nilai maupun kultur yang selama ini dibangun. Sesuai kata pak menteri, pesantren biasanya ada di pedesaan, dan ekonomi pedesaan ditopang oleh pertanian," kata Wagub Jabar UU RU yang dijuluki sebagai ´panglima santri Jabar´.
    Dalam kesempatan tersebut, Mentan menyerahkan bantuan secara simbolis berupa 10 ribu ekor ayam, 102 ekor sapi, 500 ekor kambing/domba, 10 traktor tangan, benih unggul tanaman pangan dan hortikultura. Jumlah bantuan pemerintah akan bertambah sesuai kebutuhan pesantren di seluruh Indonesia sudah diputuskan alokasi sejuta ekor ayam.
    "Kita dorong para santri sebagai pemimpin dan pengusaha sukses Indonesia di masa depan. Santri memiliki akhlak, moral dan integritas perlu didorong untuk mendukung pembangunan pertanian nasional. Titip salam hormat kami untuk pak kyai di masing-masing pesantren. Kalian bisa langsung bawa bantuan untuk pesantren," kata Mentan Amran Sulaiman saat menyerahkan bantuan kepada para santri mewakili sejumlah pesantren.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad