• Berita Terbaru

    Di Gemari Hobiis, Kantung Semar Berfungsi jadi Indikator Iklim dan Tanah


    Bengkulu, MEDIANUGRAH.COM (6/11). Beberapa hari ini lalulintas kantong semar dari jenis Nepenthes mirabilis sp cukup ramai. Adalah MBH, pengguna jasa sekaligus pembudidaya yang rutin mengirimkan kantung semar hasil budidaya berbagai ukuran. 

    Tanaman ini dikirim untuk memenuhi pesanan para hobiis di berbagai daerah, kali ini untuk tujuan Banjarnegara, Jawa Tengah. Dari segi estetika, tanaman ini memiliki bentuk yang unik, warnanya menarik, mudah tumbuh serta perawatan yang mudah. Tak heran bila cocok dijadikan tanaman penghias di taman, dalam maupun luar ruangan.

    Kata Nepenthes sendiri berasal dari bahasa yunani : ne= tidak, penthos =kesedihan. Nepenthes ini dikenal juga sebagai tanaman pitcher atau piala monyet, karena biasanya monyet minum dari tumbuhan ini. Nepenthes atau kantong semar rawa adalah spesies tumbuhan merambat yang penyebarannya paling luas dari semua spesies nepenthes. 

    Sebarannya meliputi wilayah Asia Tenggara sampai Australia Selatan. Jenis ini termasuk yang paling banyak variabilitasnya dalam morfologi dan warna kantong. Status konservasi Nepenthes mirabilis terdaftar sebagai resiko rendah pada tahun 2006 di IUCN Red List of Treathened Spesies.

    Selain sebagai tanaman hias tenyata kantong semar juga banyak manfaat lainnya, misalnya sebagai tanaman obat. Di daerah tertentu diyakini sebagai obat pencegah ngompol dan membantu proses persalinan ibu yang akan melahirkan. 

    Selain itu tanaman ini karena sifatnya dapat menjadi indikator iklim. Jika pada suatu kawasan di tumbuhi Nepenthes berarti curah hujan cukup tinggi, kelembabannya diatas 75% dan tanahnya miskin unsur hara.

    Ternyata cukup banyak manfaat kantong Semar ini, namu begitu untuk tujuan apapun jika tanaman ini dilalulintaskan melalui bandara Fatmawati Soekarno, Pelabuhan Laut pulau Baai atau Kantor Pos Bengkulu jangan lupa tetap laporkan ke petugas karantina.

    Sumber : Karantina Bengkulu

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad