• Berita Terbaru

    Kembalikan Kejayaan Maluku, Kementan Perkenalkan Mahasiswa Sumberdaya Genetik dan Teknologi Pertanian

    Ambon - Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon melaksanakan Kuliah Umum dalam rangka mengawali Semester Ganjil tahun 2018-2019 Kuliah Umum adalah istilah dalam dunia pendidikan terutama perguruan tinggi yang merujuk kepada penyampaian materi yang dihadiri oleh mahasiswa berbagai jurusan dan program studi.

    Kuliah umum dengan tema “Sumberdaya Genetik Tanaman dan Inovasi Teknologi Berkelanjutan untuk Pengembangan Pertanian di Maluku”, yang digelar di Audiotorum Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon ,  Rabu, 5/09/18. 
    Narasumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku (Bpk. Dr. Ir. Janes. B. Alfons, MS.) Kuliah Umum diikuti oleh 284 Mahasiswa dari Jurusan Budidaya Tanaman, Teknologi Hasil Pertanian, Agribisnis, Pemuliaan Tanaman, Peternakan dan Kehutanan beserta Staf Dosen Fakultas Pertanian Unpatti Ambon.
    Ketua Panitia Dr. H. Kesaulya dalam laporannya mengatakan bahwa Kuliah umum dilaksanakan untuk menghadapi isu yang menarik yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk penelitian dan pengembangan pertanian agar kita dapat berkontribusi dalam membangun kemandirian bangsa khususnya di bidang pertanian di Maluku. 
    Kuliah umum dimaksud untuk menambah pengetahuan tentang Sumberdaya Genetik dan informasi tentang pengembangan inovasi teknologi di Maluku. Diharapkan dari kuliah umum ini bagi mahasiswa untuk dapat menyimak materi yang akan disampaikan oleh Narasumber dari BPTP Maluku dan sharing tentang apa yang telah dilakukan oleh BPTP untuk pembangunan pertanian di Maluku. Bagi Mahasiswa inilah kesempatan untuk mendapatkan informasi Ilmiah dari tema kuliah umum ini.
    Kuliah Umum dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon Bpk. Prof, Dr. Ir. J.M. Matinahoru, dalam sambutannya dikatakan Kuliah Umum ini merupakan kewajiban dilakukan awal semester. Mengacu pada tema Kuliah Umum, mahasiswa diharapkan dapat mengimak dan merupakan kuliah tambahan yang belum tentu ada di materi kuliah karena merupakan hasil penelitian terbaru yang dilaksanakan di BPTP Maluku. Diharapkan dari kuliah ini untuk meningkatkan pengetahuan, sharing pengalaman dan pengetahuan.
    Narasumber adalah Koordinator Peneliti di BPTP Maluku mengatakan bahwa Sumber Daya Genetik (SDG) tanaman memiliki arti yang sangat penting dalam mendukung pemenuhan kebutuhan pangan baik secara langsung maupun tidak langsung.  Sejumlah varietas komoditas tanaman telah dimanfaatkan secara intensif sebagai pangan, sejumlah species tanaman lainnya yang belum dimanfaatkan diketahui memiliki potensi dalam mendukung program pemuliaan tanaman. 
    Perubahan iklim merupakan isu penting yang memiliki potensi dapat mengancam ketersediaan SDG tanaman. Langkah awal upaya pelestarian terhadap SDG tanaman dapat dilakukan melalui serangkaian kegiatan inventarisasi dan dokumentasi data SDG tanaman, untuk selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan koleksi dan konservasi (pemeliharaan) baik secara in situ (lekat lahan) maupun ex situ (koleksi di bank gen. Pembangunan pertanian yang berkelanjutan perlu didukung oleh keunggulan komparatif yang berbasis sumber daya domestic yaitu sumberdaya manusia dan alam termasuk sumberdaya hayati.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad