• Berita Terbaru

    ini Provinsi Lokasi yang di Jadikan Kementan Sentra Pembibitan Jeruk

    Makassar - BPTP Balitbangtan Bengkulu mulai tahun 2017 mendapat mandat untuk melakukan kegiatan perbenihan jeruk yang difokuskan di sentra pengembangan kawasan jeruk di Provinsi Bengkulu yaitu di Kabupaten Lebong dan Rejang Lebong. Target produksi benih jeruk sebanyak 25.000 melalui APBN-P TA 2017 dan 20.000 batang melalui APBN TA 2018.
    Bekerjasama dengan Kelompok Tani Maju Bersama di Kelurahan Rimbo Pengadang Kec. Rimbo Pengadang Kab. Lebong, tahap demi tahap pemeliharaan terus dilakukan untuk menghasilkan benih yang sehat dan berkualitas. Pada saat pengamatan terkini, jumat (07/09/2018), 

    benih jeruk produksi APBN-P TA 2017 telah diokulasi sebanyak 13.000 batang. Tahap okulasi tidak dapat dilakukan serentak karena batang bawah jeruk harus memenuhi syarat tumbuh terutama tinggi bidang okulasi minimal 20 cm. Dari benih yang sudah diokulasi tersebut, 4.152 batang diantaranya sudah tumbuh dengan baik dengan tinggi sekitar 23-69,7 cm, dan 6.500 batang benih lainnya masih menunggu waktu 2 minggu lagi baru dapat diamati hasil okulasinya.
    Sedangkan benih jeruk produksi Tahun 2018 sebanyak 20.000 batang yang bekerjasama dengan Kelompok Tani Citroen Mandiri di Desa Pal VII Kec. Bermani Ulu Raya Kab. Rejang Lebong masih pada tahap pemeliharaan batang bawah, sudah dilakukan transplanting namun belum dapat diokulasi. Okulasi direncanakan pada bulan November 2018.
    Untuk proses sertifikasi benih, BPTP Balitbangtan Bengkulu telah berkoordinasi dengan BPSB-TPH Provinsi Bengkulu dan PBT Kabupaten sejak awal kegiatan, serta Dinas Kabupaten untuk CPCL penerima benih dan lokasi pengembangannya.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad