• Berita Terbaru

    Ini Cara Gempita Gorontalo Hipnotis Kaum Muda Terjun ke Pertanian

    Gorontalo - Industrialisasi Pertanian adalah agenda mendesak bagi Gorontalo untuk memastikan seluruh produksi komoditi pangan lokal terserap oleh Pasar untuk kemudian diolah ke bahan baku atau bahkan bahan jadi. Selain HARGA akan stabil disegala musim, sejumlah nilai pun akan merangsang peningkatan pendapatan Petani. 

    hal ini disampaikan Dahlan Usman Korwil gempita Gorontalo dalam Rembuk Warga Tani (Senin, 03/09/18)  dihadiri oleh Camat, Ketua KTNA BOLIYOHUTO,  Kades dan  aparat desa Bandung REJO, para Tokoh Masyarakat, Ketua & Pengurus Karang Taruna, Mahasiswa serta jajaran  Tim Kerja GEMPITA Gorontalo.

    arahan Presiden untuk membentuk pendampingan bagi Petani agar petani tidak dibiarkan berjalan sendiri-sendiri dengan membangun Industrialisasi Pertanian. Ini sama halnya membentuk Pusat kesejahteraan di semua daerah," kata Dahlan usman, dalam siaran persnya, Senin 03/09/2018

    Gerakan germpita ini sendiri merupakan implementasi arahan  Presiden jokowi, membentuk Korporasi Pertanian yang merupakan solusi untuk menjawab terjadinya penurunan rumah tangga petani. Berdasarkan data BPS, di 2003, terdapat 31 juta rumah tangga petani. Namun di 2013 turun menjadi 26 juta rumah tangga petani.

    "Karena itu, dengan adanya Gerakan Gempita sebagai Katalisator terbangunnya Industrialisasi di setiap desa di gorontalo, kami berharap benar-benar keberadaan kaum muda dapat dengan mudah  meningkatkan pemberdayaan dan  kesejahteraan petani  berbasis Industri pertanian ," ujar dia.

    Untuk mewujudkan ini, Dahlan usman menegaskan Korporasi petani  mampu bermitra dengan sumber-sumber permodalan, informasi pasar, dan bermitra dengan jaminan asuransi.
    Inilah menjadi tantangan pemuda tani yang tergabung dalam Gempita sehingga membangun pertanian yang meningkatkan nilai tambah, melindungi dan menyejahterakan petani.

    "Karena itu, Industrialisasi pertanian  harus dioptimalkan dan difasilitasi pemerintah sampai ke pengawalan. sebab Dengan Industri ini, pertanian menjadi idolanya generasi muda  dan sekaligus akan menyedot puluhan ribu tenaga kerja ," tuturnya.

    Dahlan usman  menambahkan Gempita  merupakan wadah untuk menampung profesionalitas kelompok muda untuk berkontribusi ke pertanian, menerapkan pola pengelolaan pertanian yang efektif dan hasil secara optimal. Faktor SDM, manajerial, jaringan yang dimiliki pemuda yang mengelola pertanian berdampak  bangkitnya sektor pertanian.

    "Jika pemuda tani bergerak dan sekaligus mampu menjadi pelaku Industri, Pertanian Gorontalo  akan maju dan mensejahterahkan rakyat," ungkapnya.

    Koordinator Wilayah Gempita Gorontalo, Dahlan usman mengungkapkan, melalui rembuk  ini,  diharapkan berperan sebagai pelayannya kelompok tani. Karena itu,  membangun sendiri industri benih, industri pupuk, aplikasi-aplikasi peralatan modern, pengolahan pasca panen modern hingga pemasaran.

    "Dengan konsep ini, petani tidak akan jalan sendiri-sendiri. Selain ada penyuluh, petani juga dikawal oleh pemuda tani. Intinya keterlibatan pemuda tani untuk tumbuh kembangkan Industri pertanian," pungkas Dahlan usman.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad