• Berita Terbaru

    Polres Solok Luncurkan Layanan Paga Nagari Berbasis Android

    MEDIANUGRAH.COM, Solok - Polres Solok Kota tidak berhenti melakukan inovasi dalam layanan kepolisian kepada masyarakat. Setelah meresmikan Traffic Management Center (TMC) dan kerja sama dengan Bank BRI dalam pembayaran SKCK Online beberapa waktu lalu, Polres Solok Kota kini memiliki aplikasi “Paga Nagari”. Aplikasi berbasis android ini, ditujukan untuk memudahkan akses masyarakat ke Polres Solok Kota dan meningkatkan kualitas layanan di berbagai bagian dan satuan di Polres Solok Kota.

    Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menyatakan aplikasi berbasis android tersebut, bisa diinstal secara gratis di google playstore. Dengan alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.polreskotasolok.paganagari. Menurut perwira asal Palembang yang pernah menjadi Ketua Tim Information Technology (Katim IT) di Bareskrim Mabes Polri tersebut, aplikasi ini berisi informasi dan berita terkait Polres Solok Kota, serta berbagai layanan masyarakat di Polres Solok Kota.

    “Aplikasi ini ditujukan untuk mendekatkan Polres Solok Kota dengan masyarakat. Di aplikasi tersebut, ada sejumlah layanan vital yang bisa dimanfaatkan. Seperti adanya ‘panic button’ ke Polres Solok Kota, pemadam kebakaran dan ambulans. Juga ada info tentang Polsek terdekat dan layanan pengaduan online. Aplikasi ini dijalankan oleh Command Center dan akan terhubung ke seluruh bagian, satuan dan personel Polres Solok Kota,” ujarnya.

    Dony Setiawan yang merupakan warga kehormatan Kota Solok dan bergelar Datuk Pandeka Rajo Mudo tersebut menyatakan aplikasi ini juga merupakan bentuk kesiapan Polres Solok beserta seluruh personel untuk menerima kritikan dan saran dari masyarakat secara online. Hal itu menurutnya jugaa ditujukan agar masyarakat merasa memiliki daerah dan memiliki Polres Solok Kota.

    “Pemilihan nama “Paga Nagari” untuk aplikasi ini adalah agar masyarakat merasa memiliki Polres Solok Kota dan sekaligus sama-sama menjaga daerahnya. Kalau kita artikan ke Bahasa Indonesia, Paga sama dengan pagar dan nagari artinya negeri.

     "Apabila kita maknai guna dari pagar itu adalah sebagai pelindung yang dipagarnya dari bahaya. Jadi masyarakat dan personel Polres Solok Kota akan memiliki tanggung jawab moral menjaga nagari atau daerahnya. Sesuai dengan falsafah adat Minanngkabau,” ungkapnya.

    Mengenai adanya nanti kritikan, pengaduan dan keluhan terhadap kinerja Polres dan personel Polres Solok Kota, Dt Pandeka Rajo Mudo menyatakan pihaknya akan berusaha sekuat tenaga untuk siap menerima dan menindaklanjuti.

    “Polres Solok Kota beserta jajaran dan seluruh personel akan selalu belajar untuk siap menerima segala keluhan dan kritikan dari masyarakat. Kritikan dan keluhan merupakan wujud rasa memiliki masyarakat terhadap polisi. Jika kita salah, tolong ingatkan.

    Sementara pengaduan masyarakat ke Polres akan semaksimal mungkin kami tindak lanjuti. Perlu diingat, sesuai dengan reformasi di tubuh Polri, seluruh personel polisi harus mampu menempatkan diri menjadi bagian masyarakat. Jadi, mohon aplikasi ini diinstal ya,” harap Dony.

    Terkait pengembangan aplikasi ke depannya, Dony juga menyatakan bahwa dalam waktu dekat, akan ada penambahan fungsi, yakni pendaftaran SIM Online dan SKCK Online. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi mengisi blanko pendaftaran dan syaratnya di Polres.

    “Pendaftaran dan pengisian blanko cukup melalui android. Sehingga nantinya akan mempercepat proses pelayanan pada saat di Polres,” lanjutnya.

    Selain itu, fungsi “panic button” yang sudah diintegrasikan ke pemadam kebakaran dan ambulans akan langsung diaktifkan. Apalagi, sebelumnya sudah ada MoU antara Polres Solok Kota dan Dinas Kesehatan Kota Solok, aplikasi ini akan diintegrasikan juga dengan PSC 119 Smash Care, program unggulan layanan kesehatan Pemkot Solok.

    “Juga akan ada penambahan pengintegrasian dengan layanan gangguan listrik (PLN) serta tanggap bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PDAM. Semoga aplikasi ini bermanfaat untuk masyarakat dan Polres Solok Kota dapat bersinergi dengan instansi terkait menghadirkan pelayanan ke tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad