• Berita Terbaru

    Ini Capaian Fantastis Pertanian Era Jokowi

    MEDIANUGRAH.COM Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, kebijakan Kementan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di 2045 sedikit demi sedikit telah dapat dibuktikan. Hal tersebut terbukti dengan capaian ekspor sub sektor peternakan di Indonesia cukup fantastis.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pencapaian nilai ekspor komoditas sub sektor peternakan tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 14,85 persen dibandingkan tahun 2016. Nilai ekspor USD 623,9 juta atau setara dengan Rp 8,5 triliun yang telah diraih pada 2017.

    "Di 2017, ekspor USD 623,9 juta atau setara dengan Rp 8,5 triliun. Ke depan diharapkan mampu bertambah secara signifikan baik dari nilai maupun volume ekspor," ujar Menteri Amran saat memberi sambutan pada acara pembukaan Indo Livestock 2018 Expo dan Forum Tahun 2018 di Jakarta, Rabu (4/8).

    Pada 2017 kontribusi volume ekspor sub sektor peternakan terbesar pada kelompok hasil ternak sebesar 64,07 persen, dengan negara tujuan ekspor terbanyak adalah Hongkong (23,10 persen) dan China (21,96 persen). "Saat ini produk peternakan Indonesia sudah mampu menembus lebih dari 110 negara," jelas Menteri Amran.

    Menteri Amran mengatakan, peluang perluasan pasar untuk komoditas peternakan di pasar global masih sangat terbuka luas. Adanya permintaan dari negara di daerah Timur Tengah dan negara lain di kawasan Asia sangat berpotensi untuk dilakukan penjajakan.

    "Keunggulan halal dari kita juga dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk ekspor produk peternakan ke wilayah tersebut dan negara muslim lainnya," jelas.

    Mentan Amran mengklaim telah melakukan ekspor banyak bahan pangan. Ini juga sebagai bukti mulai terwujudnya swasembada di Tanah Air.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad