• Berita Terbaru

    Pushidrosal TNI AL Perkuat Kerja Sama SKK Migas


    MEDIANUGRAH.COM BANTEN - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dengan SKK Migas kembali memperkuat kerjasama kegiatan di wilayah offshore (lepas pantai).

    Bentuk kerjasama antara lain pemasangan platform di perairan Indonesia, fasilitas migas, pemasangan pipa bawah laut, serta pembaharuan peta laut. Kerjasama sudah berlangsung sejak 2005, dan kedua belah pihak sepakat menambah durasi kerja sama 2015-2020 mendatang.

    “Kerjasama ini akan kita teruskan dan tingkatkan”, jelas Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, di kantornya Rabu (25/7).

    Momentum itu bersamaan dengan tim investigasi bocornya pipa gas bawah laut Milik PT. CNOOC di perairan Banten, merampungkan tugas.

    Menurut Kapushidrosal, peta konsesi sumber daya Migas di SKK Migas saat ini merupakan peta buatan sendiri oleh SKK Migas. Kalau membutuhkan pembaruan, memerlukan kerjasama dengan Pushidrosal. Supaya hasil pembaharuan tersebut dapat dipetakan dalam Peta Laut Indonesia (PLI).

    “Sampai saat ini kerjasama antara Pushidrosal dan SKK Migas menginventarisir dan memverifikasi pasisi keberadaan Platform dari SKK Migas untuk dicantumkan dalam peta laut Indonesia, ke deapn kedua belah pihak sepakat agar kerjasama tersebut dapat diteruskan dan dikembangkan,” ungkap dia.

    Kerjasama lebih intensif bertujuan optimalisasi ruang laut dapat lebih terkoordinasi. Optimalisasi dapat terwujud kalau setiap kontraktor pemasang instalasi bawah laut, pemasangan pipa maupun kabel bawah dapat menginformasikan aktivitas kepada Pushidrosal.

    “Aspek terpenting dalam mendukung keselamatan navigasi, terutama sewaktu lego jangkar kapal-kapal di perairan tersebut,” papar Harjo mengakhiri.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad