• Berita Terbaru

    Survei IPI : Ini Kehebatan Kerja Nyata Tim Prof Andalan

    MEDIANUGRAH.COM MAKASSAR – Lembaga riset, Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis hasil survei untuk elektabilitas kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

    Riset survei IPI dilakukan mulai tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2018 dengan menggunakan metode Multistage random sampling, sebanyak 1.234 responden, margin of error sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

    Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) menempati posisi elektabilitas tertinggi terlampau jauh dari pasangan calon lainnya, dengan presentase sebesar 32.9%.

    Di posisi kedua, pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar sebanyak 25.4%, diurutan ketiga pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar sebesar 21,6% dan diurutan terakhir pasangan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo 8.1%. Sementara ada 12.0% responden yang tidak menjawab atau merahasiakan.

    “Survei ini kita lakukan di 24 kabupaten/kota, dengan sample yang didistribusikan secara proporsional,” ungkap Direktur IPI Suwadi Idris Amir dalam press realese survei yang digelar di Hotel SwissBelin-Panakkukang, Makassar, Rabu (20/6).

    Berbeda dengan survei lainnya, IPI kata Idris, menggunakan metodologi Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan sebesar 30% dari total sample dengan cara monitoring dan pendampingan saat wawancara dan crosscheck pasca survei.

    Selain elektabilitas kandidat, IPI juga merekam strong voters (pemilih yang sudah sangat sulit berpindah ke kandidat lain) dari masing-masing kandidat tersebut.

    Hasilnya, Pasangan Prof Andalan memiliki strong voter terbesar yakni 25.4%, NH-Aziz sebesar 18.5%, IYL-Cakka 18%, sementara Agus-Tanribali 5.1%. Selebihnya yang tidak menjawab 5.2

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad