• Berita Terbaru

    Presiden Jokowi : Managemen Korporasi Dongkrak Keuntungan Petani

    MEDIANUGRAH.COM INDRAMAYU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pentingnya organisasi yang besar untuk petani. Sebab dengan organisasi yang besar maka tercipta korporasi petani yang lebih efisien dan memberikan keuntungan besar.

    "Korporasi petani ini bisa memberikan keuntungan besar kepada para petani ," ujarnya di Indramayu, Jawa Barat, Kamis (7/6/2018).


    "Model-model seperti ini saya kira bisa dikembangkan, karena memang keuntungan terbesar itu di pasca-panen. Lewat penjualan beras yang sudah di-packaging, dimasukkan ke pasar. Maka keuntungan petani akan meningkat karena proses-proses pasca panen tersebut," jelasnya.

    Jokowi menilai, hal terbesar dalam pertanian bukanlah dalam masa pra tanam, melainkan pada masa pasca panen. Sehingga diperlukan pengolahan pasca panen yang bisa menambah daya jual petani.

    "Jadi kalau petani itu masih berjualan gabah, sampai kapan pun tidak akan ada peningkatan kesejahteraan petani kalau jualannya gabah," tukasnya.

    MBB Sliyeg sendiri menjadi pilot project kewirausahaan petani yang menerapkan sistem digitalisasi pertanian dengan aplikasi 'Logistik Tani’ (LOGTAN) sebagai platform. Dimana mengintegrasikan empat siklus pertanian yakni pratanam, tanam, panen, pasca panen.

    Jokowi

    "Kita liat ini model bisnis pertanian yang modern ada digitalisasi, kemudian proses-proses pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) cepat lewat PT MBB ini," katanya.

    Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan, MBB Sliyeg nantinya akan dievaluasi pada 6 bulan dan 1 tahun ke depan. Jika program ini berhasil maka akan dilakukan di seluruh daerah pertanian Indonesia.

    "Ini akan saya lihat benar atau enggak (programnya). Petani untung atau tidak. Kalau berjalan dengan baik kita akan lakukan di seluruh Tanah Air ini dalam organisasi petani. Kalau petani ngomong enggak untung dan sama saja, ya sudah tutup saja enggak perlu dilanjutkan di tempat yang lain," tegasnya.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad