• Berita Terbaru

    KEROYOKAN MEWUJUDKAN KORPORASI PETANI BAWANG MERAH DI MALANG


    MEDIANUGRAH.COM MALANG - Bertempat di Balai Besar Pelatihan Peternakan Songgoriti-Batu, Kementerian Pertanian bersama Dinas TPH Bun dan Dinas Koperasi Kab. Malang, pada Kamis, 7 Juni 2018 melaksanakan koordinasi Pelaksanaan Pilot Project Pengembangan Kawasan Bawang Merah Berbasis Korporasi Petani sekaligus launching pembentukan koperasi bawang merah "Maju Sejahtera" Kab Malang.

    Kegiatan tersebut merupakan bukti  keseriusan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui  peningkatan posisi tawar petani serta skala usaha dan nilai tambah usahatani dengan  penataan dan pembinaan kelembagaan ekonomi petani berbentuk koperasi.

    Widodo Heru, Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Hortikultura, mengungkapkan bahwa dalam dua tahun mulai 2018-2019, kegiatan pilot project pengembangan kawasan bawang metah berbasis korporasi di Kabupaten Malang akan fokus pada penataan manajemen kelembagaan dan aspek teknis  perbenihan, budidaya, pasca panen dan pemasaran bawang merah.

    "Kuncinya utama korporasi petani adalah penguatan kelembagaan", ungkap Dewa Ngakan Cakrabawa, Kepala Bagian Perencanaan Wilayah, Setjen Kementan. "Tanpa kelembagaan yang kuat, kegiatan korporasi ini akan berakhir,  begitu bantuan pemerintah selesai" lanjutnya.

    "Dengan kelembagaan yang kuat, akan mudah bagi kelompok untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah dan swasta, dan dengan berbadan hukum, maka diharapkan lebih terjamin kemandiriannya", demikian disampaikan oleh Zahron Helmy, Kabid Penyelenggaraan Penyuluhan BPPSDMP.

    Hadir dalam pertemuan ini perwakilan Bank Indonesia cabang Malang Bapak Dudi Herawadi; perwakilan Dinas Koperasi Kabupaten Malang Bapak Yusron Ac, dan pengurus koperasi bawang merah "Maju Sejahtera" dari Kecamatan Ngantang- Pujon yang diketuai Bapak Slamet Subadi, serta perwakilan dari direktorat teknis lingkup Ditjen Hortikultura,  Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, BPTP Jawa Timur dan Dinas Pertanian Kabupaten Malang.

    Seluruh unit instansi yg hadir, mendukung terbentuknya koperasi Bawang Merah Maju sejahtera, yang akan mengelola kawasan bawang di Kabupaten Malang.

    [Budi*]

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad