• Berita Terbaru

    Dirjenbun : 2018 Produksi Gula Meningkat Signifikan

    MEDIANUGRAH.COM JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) dalam hal ini Ditjen Perkebunan Kementan memprediksi produksi gula nasional tahun ini dapat mencapai 2,25 juta ton atau naik 150.000 ton dibandingkan pencapaian produksi tahun 2017 sebesar 2,1 juta ton. Demikian disampaikan Dirjen Perkebunan Kementan Bambang, saat acara jumpa pers dengan wartawan di Kantornya di Gedung C jakarta, Selasa (5/6/2018).

    Dirjen Perkebunan Kementan Bambang yang didampingi Direktur Perbenihan Muhammad Anas mengatakan, Prediksi kenaikann produksi gula tahun ini karena ditopang dukungan cuaca tahun 2018,” kata Dirjenbun Kementan Bambang.
    Dirjenbun Bambang juga mengungkapkan, kenaikkan produksi gula ini sudah terlihat sejak panen raya yang dimulai pada Mei 2018. Meski jumlahnya tidak banyak namun terjadi kenaikan dibandingkan produksi gula pada 2017 sebesar 2,1 juta ton. Pada penggilingan pertama hasilnya meningkat tinggi dan lebih baik,” lanjutnyau
    Sementara itu terkait pengembangan areal lahan, Dirjenbun Bambang mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan sebagian dana dari pagu anggaran Kementan senilai total  Rp 23,8 triliun. Meski diakuinya telah terjadi pengurangan luasan area lahan tahun ini dari 20.000 hektare (ha) menjadi sekitar 11.000 ha.
    Pengurangan itu sejalan dengan rencana pemerintah yang akan berfokus pada produksi rempah-rempahan pada tahun ini.
    Namun Bambang juga menegaskan, peningkatan luas area bakal kembali dilakukan pada tahun depan menjadi seluas 20.000 hektare (ha).
    Dirjenbun Kementan Bambang juga menghimbau agar  realisasi  impor  gula kristal putih sebesar 1,1 juta ton sebaiknya tidak ditambah. Ia beralasan produksi nasional sudah cukup dan Kementan terus mengupayakan peningkatan produksi.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad