• Berita Terbaru

    Dahsyatnya People Power di Sul-Sel, Bergerilya untuk Prof Andalan

    MEDIANUGRAH.COM MAKASSAR - Dahsyatnya kerja-kerja kekuatan Relawan dan Partai Prof Andalan memiliki strong voters --pendukung yang hampir tidak mungkin mengubah dukungan kepada kandidat lain-- terbesar di antara tiga kandidat lainnya, yakni sebesar 26,3%. Berdasarkan hasil survei Celebes Research Center (CRC), pasangan nomor 3 Prof Andalan secara elektabilitas unggul dan menangguk  34,6% suara.

    Secara elektabilitas berdasarkan hasil survei CRC yang dilansir Senin kemarin (18/6/2018), pasangan Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman memimpin 34,6% suara. Diikuti pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar 26,3%, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar 21,4%, dan terakhir Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo 6,2%.

    Nah, berdasarkan survei CRC yang mengambil 1.110 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling di 24 kabupaten/kota itu, bisa dilihat berapa jumlah strong voters dari para responden yang telah menentukan pilihan.

    Dari total 1.110 responden tersebut, sebanyak 60,8% adalah mereka yang menyatakan kecil kemungkinan mengubah pilihan (30,6%) dan sangat kecil atau hampir tidak mungkin mengubah pilihan (30,2%).

    Berdasarkan pemetaan tersebut, maka didapat data strong voters dari masing-masing kandidat. Pasangan Prof Andalan yang menangguk 34,6% suara memiliki strong voters terbesar 26,3%.

    Diikuti pasangan NH-Aziz yang menangguk 26,3% suara dan memiliki strong voters 16,7%, IYL-Cakka yang memperoleh 21,4% suara didukung strong voters 14,3%, serta Agus-Tanribali yang memperoleh 6,2% suara didukung strong voters 3,6%.

    Menurut CRC, survei yang mereka lakukan sejak 2 – 10 Juni 2018  memiliki toleransi kesalahan dugaan +/- 2.9% pada selang kepercayaan 95%. Jika melihat waktu pengambilan sampel, menjadi wajar jika strong voters sudah mencapai angka 60,8%. Artinya banyak masyarakat yang sudah menentukan pilihan pada 17 hari menjelang hari pemungutan suara. Dan sebagian besar responden menyatakan mendukung kandidat yang sudah terbukti kinerjanya.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad