• Berita Terbaru

    Ratusan Ayam selundupan, Dimusnahkan Karantina Gilimanuk

    MEDIANUGRAH.COM, Negara - Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar Wilayah Kerja (Wilker) Gilimanuk melakukan pemusnahan 162 ekor ayam selundupan, Kamis (10/5) siang kemarin. Ratusan ayam tersebut merupakan hasil tangkapan sepekan terakhir baik itu oleh petugas Polsek Gilimanuk maupun dari petugas Karantina Gilimanuk. Satu persatu ayam-ayam tersebut dimusnahkan dengan cara disembelih, selanjutnya di kumpulkan kedalam satu lubang untuk kemudian dibakar. Pemusnahan barang bukti ayam tersebut berlangsung kurang lebih selama 1 jam dimulai pukul 10.00 Wita dan berakhir tepat pukul 11.00 Wita.
    Penanggung Jawab Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar Wilker Gilimanuk, Ida Bagus Eka Ludra saat dikonfirmasi seusai melakukan pemusnahan, Kamis (10/5) kemarin mengatakan pemusnahan ayam ini dikarenakan telah melanggar Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 44 Tahun 2005 tentang Penutupan Sementara Pemasukan Unggas Dewasa ke Provinsi Bali. “Kami musnahkan karena memang tidak boleh masuk ke Bali, bahkan beberapa ayam ada yang sudah mati dan ini yang perlu kita waspadai jangan sampai ayam tersebut membawa penyakit,” ujarnya.
    Seperti diberitakan sebelumnya, selama sepekan petugas kepolisian maupun pihak karantina telah mengamankan ratusan ayam di beberapa lokasi di sekitaran pelabuhan Gilimanuk. Penyitaan pertama berlangsung pada Rabu (2/5) lalu. Saat itu 12 ekor ayam jenis Cemani diamankan jajaran Polsek Gilimanuk di Pos 2 Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk atau pintu masuk Bali sekitar pukul 08.00 Wita. Belasan ayam Cemani ini diangkut dengan menggunakan Bus AKAP Safari Dharma Raya nopol AA 1551 BY yang dikemudikan oleh Murtadho,53, warga asal Kabupaten Temanggung, Jawa Timur. Ayam-ayam ini diketahui dititip di tengah jalan oleh seseorang yang tak dikenal di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur dengan tujuan pemesannya di Kota Denpasar.
    Sedangkan tangkapan kedua terjadi pada Sabtu (5/5) sebanyak 30 ekor ayam jago. Saat itu, petugas Balai Karantina Kelas I Denpasar Wilker Gilimanuk yang melangsungkan patroli rutin mendapati gerak-gerik ojek Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk yang mencurigakan. Pasalnya, oknum ojek-ojek ini mengangkut karung-karung plastik berlubang yang diketahui isinya berupa ayam jago. Usai menurunkan muatannya di terminal lama Gilimanuk, pihaknya kemudian langsung melakukan penggerebekan.
    Sementara penyitaan terakhir terjadi pada Minggu (6/5) berupa 120 ekor ayam jago. Saat itu, petugas Polsek Gilimanuk yang berjaga di Pos 2 Pelabuhan mendapati seorang wanita berinisial NR,38, asal Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur melintas dengan menggunakan sebuah gerobak. 

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad