• Berita Terbaru

    Puluhan Mahasiswa ITB Jajal Mesin Hasil Inovasi Kementan

    MEDIANUGRAH.COM, Bogor - Sebanyak 32 mahasiswa dan seorang dosen pembimbing jurusan teknologi pasca panen, Institut Teknologi Bandung (ITB) mengunjungi Balai Besar Litbang Pasca panen Pertanian. 2/05/2018

    Kunjungan ini merupakan bagian dari mata kuliah mesin-mesin pasca panen, Dr. Yoyo Suhaya, Dosen ITB menjelaskan “Kunjungan ini dimaksudkan agar mahasiswa kami tahu teknologi pascapanen di Indonesia terkini itu seperti apa dan juga mesin-mesin yang digunakannya serta bagaimana cara kerjanya”. 

    Yoyo berharap, dengan adanya kunjungan ini diharapkan juga menjadi pembuka terjalinnya kerjasama antara ITB dengan BB Pascapanen dalam bidang penelitian. “Semoga nantinya mahasiswa kami diijinkan jika ada yang magang atau praktek penelitian disini”, tambah Yoyo.

    Kunjungan yang dilaksanakan pada 2 Mei 2018 ini diterima oleh Kepala Seksi Pendayagunaan hasil Penelitian, Lina Marlina didampingi oleh Sekretaris Kelompok Peneliti, Abdullah bin Arif. 

    Dalam sambutannya Lina mengatakan, “BB Pascapanen sangat terbuka menerima mahasiswa yang ingin magang atau praktek penelitian disini, tentunya disesuaikan dengan penelitian yang ada di sini”.

    Kegiatan kunjungan diawali dengan pemaparan teknologi yang telah dihasilkan BB Pascapanen, dilanjutkan dengan diskusi bersama peneliti BB Pascapanen, Abdullah bin Arif. 

    Pada sesi diskusi ini, para mahasiswa sangat antusias ingin mengetahui lebih lanjut beberapa teknologi hasil BB Pascapanen diantaranya biofoam, nano zeolit, dan teknologi coating. Putri misalnya, ia tertarik mengenai teknologi biofoam. 

    “Kenapa teknologi biofoam ini tidak dilanjutkan kembali sampai bisa tahan terhadap air? Padahal kemasan dari limbah pertanian ini bisa menggantikan peran styrofoam yang jelas-jelas berbahaya bagi kesehatan juga lingkungan” ujar putri.

    Setelah puas berdialog, rombongan kemudian diajak melihat mesin pascapanen di laboratorium pengembangan BB Pascapanen. 

    Dengan didampingi para teknisi, Abdullah bin Arif menerangkan cara kerja beberapa mesin pascapanen yang ada seperti alat penepung, alat pasteurisasi, vacuum drying, dan sebagainya.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad