• Berita Terbaru

    Pelatihan Tematik Aplikasi Alsintan dan Teknologi MPHP Bawang Putih

    MEDIANUGRAH.COM, Temanggung - Melanjutkan materi pelatihan tematik bawang putih di Kabupaten Temanggung, peserta melaksanakan praktek lapangan di Kelompok Tani Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.

    Praktek pertama pengenalan alsintan berupa cultivator. Pengenalan cultivator dari mulai fungsi dan bagian-bagian cultivator sampai pada penggunaan secara langsung di lapangan.
    Sebagian besar peserta belum mengetahui bahwa cultivator berfungsi sebagai pengaduk dan penghancur gumpalan tanab yang besar sebelum dilaksanakan penanaman.
    Praktek selanjutnya kegiatan pemasangan mulsa plastik hitam perak (MPHP) pada tanah bedengan/ guludan  yang telah disiapkan sebagai media tanam bawang putih. 
    Teknologi pemasangan MPHP ini dapat mencegah evaporasi dalam hal ini air yang menguap dari tanah akan ditahan oleh bahan mulsa dan jatuh kembali ke tanah. 
    Sehingga tanaman tidak kekurangan air dan mengurangi serangan pentakit yang sering menyerang tanaman seperti Thrips, serta perakaran tanaman menjadi lebih hangat dan pertumbuhan bisa optimal. (SO)

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad