• Berita Terbaru

    Mesin Panen Moderen yang Wajib dimiliki Seluruh Petani Indonesia

    Medianugrah.com, Jakarta - Indonesia sempat menjadi negara yang memiliki Program kerja pertanian terbaik di era Presiden Soeharto. Pada masa itu, Indonesia dikenal sebagai negara agraria pengimpor beras terbesar tahun 1966, dan mampu mencukupi kebutuhan pangan di dalam negeri melalui swasembada beras pada 1984.  Pada 1969 Indonesia memproduksi beras sekitar 12,2 juta ton, sementara pada 1984, bisa mencapai 25,8 juta ton beras.   
    Hal ini membuat Pak Harto diundang pidato dalam Konferensi ke-23 FAO (Food and Agriculture Organization) /Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia) di Roma, Italia, 14 November 1985. 
    Pada era Presiden Jokowi melalu Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, seakan tidak ingin kehilangan momen untuk mewudujkan Indonesia swasembada diberbagai sektor pertanian.  
    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman terbukti sangat fokus menggenjot berbagai program pertanian untuk meminimalisir impor diberbagai sektor pertanian. Salah satu program yang dapat menyukseskan keinginan tersebut ialah program regenerasi petani muda Indonesia. melalu Gerakan Pemuda Tani (Gempita). Melalui perogram tersebut anak muda diseluruh Indonesia diberikan bantuan berupa Teknologi pertanian moderen dan pendidikan pertanian modern, yang mana hal ini dapat memperkuat perekonomian daerah dan terkhusus dapat mewujudkan swasembada pertanian diberbagai sektor kedepanya.  
    Menurut data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), kemiskinan di desa menurun dan kemiskinan mengalami kenaikan di kota-kota besar. Dapat di bayangkan jika program ini terus berjalan pasti akan menjadi gerakan yang masif untuk melawan kemiskinan, pengangguran, dan program ini juga dapat mendukung pemerataan di Indonesia.
    Selama dua tahun program Gempita berjalan telah banyak melahirkan petani muda yang trampil dan menghasilkan komuditas tani yang berkualitas. 
    Berikut adalah mesin pertanian yang dimiliki petani muda Indonesia ;




    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad