• Berita Terbaru

    Mentan: Magetan dan Jawa Timur Luar Biasa dalam Produksi Sapi Nasional

    MEDIANUGRAH.COM, Magetan (07/05/2018), Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia harus kita tingkatkan untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.

    Hal tersebut disampaikan di pada acara Panen Pedet di Kabupaten Magetan Jawa Timur pada hari Senin (07/05).

    Berdasarkan data BPS, capaian ekspor sub sektor peternakan di Indonesia sangat fantastis, ekspor daging ayam tahun 2017 sebesar 325 ton (meningkat 1800% dibandingkan tahun 2016), sedangkan ekspor  telur unggas sebanyak 386 ton (meningkat 27,39% dibanding tahun 2016).

    “Dan yang tidak kalah menarik lagi pada bulan April lalu kita sudah menginisiasi ekspor bibit kelinci ke Malaysia,” ungkap Mentan Amran. “Intinya kita ini kaya akan sumber protein hewani,” tandasnya.

    Terkait dengan produksi daging sapi, Menteri Amran memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Magetan dan Pemprov Jawa Timur yang selama ini memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan populasi sapi potong di tingkat peternak melalui Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting).

    “Kita lihat dengan adanya kelahiran pedet-pedet yang ditampilkan pada acara Panen Pedet ini adalah bukti nyata keberhasilan Upsus Siwab,” kata Mentan Amran sambil menunjukkan pedet-pedet hasil IB sebanyak 1.200 ekor yang ditampilkan oleh para peternak Kabupaten Magetan. “Ini merupakan jaminan yang menunjukan bahwa Indonesia mampu secara terus menerus berkelanjutan menghasilkan ternak sapi,” ujarnya. Mentan Amran merasa optimis cita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan Dunia akan dapat terwujud, jika pencapaiannya seperti Provinsi Jawa Timur khususnya Kabupaten Magetan yang merupakan salah satu gudang ternak di tanah air.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad