• Berita Terbaru

    Mentan : Alsintan Jangan Sampai Nganggur


    MEDIANUGRAH.COM, Magetan - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan akan mencopot dan memindahkan alat dan mesin bantuan pemerintah (Alsintan) ke pihak yang lain jika tak dioptimalkan dengan baik. Itu disampaikan saat kunjungan pemanfaatan Alsintan di Magetan, Senin (7/5).

    "Di kabupaten Magetan ini ada 287 unit. Alat ini harus kerja minimal 10 jam per hari. Kita ingin dampaknya langsung dirasakan oleh petani," kata Menteri Amran.

    "Kemudian, alat ini tidak boleh dikuasai satu kelompok tani. Begitu kelompoknya selesai alatnya harus diserahkan kepada kelompok tani yang lain," tegas Amran menambahkan.

    Dengan demikian, Kata Amran, alat yang dibagikan sekitar 300 unit tersebut (khusus untuk Magetan) berada pada titik optimal. Ia juga menekankan agar biayanya lebih murah dari biaya swasta, yang biasanya 2 juta per hektare, menjadi sejuta.

    "Kami imbau seluru Brigade Alsintan seluruh Indonesia. Karena kami menemukan dulu beberapa Alsintan setelah dipakai disimpan. Ini tidak boleh. Ini milik pemerintah, tidak boleh disimpan di rumah," tegas pria kelahiran Sulawesi Selatan ini.

    Soal Alsintan yang tidak sesuai dengan lokasi, Amran mengaku sudah memindahkan semua. Ia menyebut hal tersebut disebabkan oleh kekeliruan yang mengusul. Amran mengatakan, pemerintah hanya mengirim sesuai dengan permintaan.

    Amran mengaku senang dengan sistem yang diterapkan oleh Brigade Alsintan di Magetan, yaitu satu desa tiga Alsintan yang bekerja terus menerus.

    "Sekarang kami sudah pindahkan sekitar 1.500 unit. Karena tidak sesuai dengan lokasinya. Kami langsung pindahkan ke lokasi yang yang lebih support. Itu hanya seribu dari tiga ribu Alsintan yang dibagikan. Tapi kami langsung pindahkan semua," kata Menteri Amran.


    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad