• Berita Terbaru

    Konsep Ramah Lingkungan Budidaya Cabai Mampu Menjadi Penyangga Wilayah di Jabodetabek

    MEDIANUGRAH.COM, Kulon Progo - Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Ditjen Hortikultura, Kementan, Prihasto, mengatakan, Kulon Progo Yogyakarta merupakan salah satu lokasi panen cabai keriting seluas 350 hektare. Produktivitasnya, mencapai 15 hingga 17 ton per hektare atau terbilang tinggi bila dibandingkan rata-rata produksi nasional yang hanya 10 ton per hektare berkat menerapkan konsep ramah lingkungan. 

    "Ke depan supaya untuk menjaga produktivitas harus menerapkan konsep yang ramah lingkungan," ujarnya, Ahad (13/5). 

    Ia mengungkapkan, lahan cabai di Kulon Progo ini merupakan hamparan lahan berpasir menben-tang luas yang disulap menjadi hamparan kawasan cabai dengan pengairan yang memadai.  Yakni dengan sumur pantek sistem irigasi selang serta pemberian pupuk kandang 30 hingga 40 ton per hektare yang menjadikan pertanaman menjad sangat subur. 

    Bambang Tri Budi Harsono, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kulon Progo, mengatakan, komoditas cabai merupakan salah satu komoditas anda-lan di Kabupaten Kulon Progo. Dengan luas tanam 1.939 hektare pada tahun 2017, dan produksi sebesar 20.184 ton. Pada tahun 2018 target luas tanam seluas 2.050 hektare dgn produksi 18.543 Ton. 

    "Dengan potensi wilayah yang dimiliki maka Kulon Progo memiliki peran strategis, yaitu menjadi penyangga wilayah Yogyakarta dan sekaligus menjadi penyangga wilayah Jabodetabek, khususnya komoditas sayuran aneka Cabai." 

    Anggota Komisi IV DPR RI Titik Soeharto mengatakan, persiapan pasokan kebutuhan pokok jelang lebaran perlu dijaga oleh pemerintah. Ia berharap, selain pasokan, harga juga bisa dikendalikan oleh pemerintah.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad