• Berita Terbaru

    Buwas: Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan Dijadikan Agen Penjualan Beras



    MEDIANUGRAH.COM, JAKARTA – Direktur Utama Bulog Komjen (Purn) Budi Waseso (Buwas), mengatakan Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan dijadikan agen penjualan beras untuk memangkas rantai distribusi beras.

    Menurut Buwas, Bulog akan menyuplai stok beras ke sejumlah polsek dan koramil serta di sentra-sentra penjualan beras. Selanjutnya Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan menjual langsung ke masyarakat setempat dengan standar harga yang sudah ditetapkan Bulog.

    "Babinsa, bhabinkamtibmas akan jadi agen. Jadi tidak ada yang bisa mempermainkan harga," tegas Buwas di Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

    Buwas optimistis dengan cara ini, kelangkaan beras di masyarakat akan bisa diminamalisir. Selain itu, harga beras juga bisa ditekan karena standar penjualan satu harga.

    Rencananya, Bulog akan segera membuat nota kesepahaman dengan TNI dan Polri soal pelibatan Babinsa dan bhabinkamtibmas dalam mewujudkan hal tersebut. "Nanti akan ada MoU, secepat mungkin, kami juga siapkan infrastrukturnya," kata Buwas.


    Langkah lain yang akan ditempuh kata Buwas, sapaan akrab Budi Waseso ini, Bulog ke depan tidak akan menjual beras dalam bentuk curah, namun dalam bentuk kemasan dengan harga yang telah ditentukan sehingga tidak akan jatuh pada pihak-pihak yang tidak berhak.
    "Kalau menjual dalam bentuk curah, maka bisa saja masuk ke tengkulak beras dan harganya pasti akan dipermainkan lagi," ucapnya.
    Mantan Kepala BNN juga mengatakan, Bulog juga berencana membuka lapak-lapak di pasar tradisional untuk turut berjualan beras jika harga beras tak stabil.
    "Selain itu Bulog juga bekerjasama dengan toko kelontong yang telah bekerjasama dengan BUMN untuk menjual beras milik Bulog," ucapnya.
    Lebih jauh Buwas juga memastikan akan memantau kartel-kartel pangan yang sangat merugikan masyarakat bersama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan juga Satgas pangan.
    "Pemerintah tidak boleh kalah dengan kartel dan harus menjamin ketersediaan pangan dan stabilitas harga pangan," lanjut dia

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad