• Berita Terbaru

    Realisasi Tanam Padi April, Bone Sul-Sel Mencapai 4,237 Ha

    MEDIANUGRAH.COM Bone, Saat ini pertanaman padi di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan pada masa tanam April-September (Asep) sudah mencapai 4,237 hektare sampai akhir bulan April ini Demikian disampaikan Kabid produksi Tanaman Pangan Bone, Nurdin saat diwawancara dengan wartawan pada acara kunjungan lapangan Direktorat SEREALIA Ditjen Tanaman Pangan Kementan di Kabupaten Bone Sulsel, Senin (30/4/2018).
     
    Nurdin juga mengatakan, target Tambah Luas Tanam (LTT) kabupaten Bone yang ditugaskan oleh pemerintah pusat seluas 123,047 hektare. Walaupun masih jauh dari capaian target yang ditugaskan pemerintah, namun pihaknya dan para kelompok tani yang ada di Bone optimis akan mencapai target sampai September nanti," katanya.
     
    Pada bulan Mei ini curah hujan sudah mulai beekurang, memungkinkan para petani disini terus menanam padi. Sawah lebih mudah di garap kalau curah hujan tidak terlalu tinggi dan tidak takut benih rusak karena terendam air," kata Nurdin.
     
    Nurdin juga mengungkapkan, petani di Bone menggunakan varietas padi ciliwung yang produktivitasnya per hektarenya mencapai 8 ton gabah kering panen (GKP)," ungkapnya.
     
    Nurdin juga mengatakan, pihak nya saat ini sudah mendapatkan alokasi bantuan benih padi inbrida sebesar 4500 hektare dari Provinsi Sulsel yang masih dalam proses yang nantinya akan disalurkan ke para kelompok tani yang jumlahnya 180 poktan di Kabupaten Bone," katanya.
     
    Pada kesempatan yang sama, kelompok tani Supatokkong Kabupaten Bone, Husni Mubarok mengatakan, dengan adanya benih padi yang yang bersertifikat dari kementerian Pertanian, hasil benih dan panen sangat bagus dan produktivitasnya mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang tidak memakai benih bersertifikat," katanya.
     
    Husni Mubarak juga menuturkan, dengan adanya peran serta Babinsa TNI di lapanagan para petani di Bone ini semakin termotivasi dalam melaksanakan LTT dan perbaikan secara bergotong royong dalan perbaikan sarana irigasi di sawah.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad