• Berita Terbaru

    Kementan Jadwalkan Ekspor 3.000 Ton Bawang Merah ke Thailand



    MEDIANUGRAH.COM,  Jakarta -  Kementerian Pertanian (Kementan) sedang mempersiapkan rencana ekspor bawang merah sebanyak 3.000 ton ke Negari Gajah Putih pada Juli atau Agustus tahun ini. Itu disampaikan Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi tak lama ini.

    "Mendorong ekspor ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. Dengan ekspor kesejahteraan petani meningkat dan pendapatan nasional pun naik," ujar Suwandi kala lawatan ke Brebes, Jawa Tengah, Kamis (26/4).


    Senada dengan itu, pengusaha bawang merah Brebes PT HRD, Benny mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rencana ekspor bawang merah ke Thailand sebanyak 3.000 ton tahun ini.

    "Kita bisa memasukan ke Thailand pada bulan tersebut, karena Thailand sedang tidak panen, sehingga harganya bagus. Harga kami sangat kompetitif dan bisa bersaing dengan India," terangnya.

    Seperti diketahui, Kabupaten Brebes merupakan sentra bawang merah dengan kontribusi 21 persen dari produksi nasional. Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Budhiarso mengatakan, setiap tahun Brebes tanam bawang merah sebanyak 30 hingga 35 ribu hektare dengan produksi 300 hingga 350 ribu ton.

    Ia memperkirkan panen raya besar terjadi pada bulan Juni hingga Agustus dan panen raya kecil Desember-Januari. "Panen raya Juni dengan produktivitas 10 ton per hektare menghasilkan 42 ribu ton dan Juli 37 ribu ton," katanya.

    Artinya tegas Budhiarso, rata-rata sehari mampu memasok 1300 ton, untuk melayani keseluruh wilayah Indonesia. Sebagai contoh DKI Jakarta hanya membutuhkan 90 hingga 100 ton hari.

    "Ini buktinya baru saja saya mengecek di lapak Desa Banjarratma, Kecamatan Bulakamba, sudah siap truk mengirim ke Sumatera Utara. Harga di sini ukuran besar bawang askip rogol Rp25 ribu per kg dan biaya angkut sampai sampai Medan Rp1.700 per kg," tegasnya.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad